Senin, 13 Juni 2011

MUTIARA BATU SANGKA BANGKALAN

BISMILLAH WA BIL MUSTHOFA...
          Bermula dari buah cinta di batu sangka bangkalan jawa timur,cucu kanjeng sunan Ampel surabaya berdakwah dan menyiarkan Islam ke segenap penjuru pulau Madura.Kanjeng Sunan Bonang sebagai putra kanjeng sunan ampel surabaya,kakak kandung kanjeng sunan Drajat,yg banyak di sebut dalam cerita rakyat atau dalam Babat Tanah jawa sebagai Wali wadat ( wali yg senantiasa membujang ) atau ada yg menceritakan tidak membujang,tapi tidak memiliki keturunan,ternyata dari perkawinann beliau yg kedua,beliau mempunyai permata yg begitu berharga,sebagai penerus perjuangan dakwah beliau,makanya kita harus sangat berhati-hati dalam menelusuri fakta sejarah para wali sebelum menghukumi.
          Kanjeng sunan Bonang dalam pernikahan yg pertama tidak dikaruniai anak,kemudian setelah istri pertama beliau wafat,kanjeng sunan memutuskan untuk hidup membujang agar bisa lebih memfokuskan diri untuk beribadah,makanya dalam buku Babat Tanah Jawa beliau di juluki Wali Wadat.akan tetapi setelah beberapa tahun ada seorang santriwati beliau yg memaksa agar bisa menjadi istri kanjeng sunan,dengan cara apapun dia berusaha agar permohonannya di kabulkan.Maka akhirnya kanjeng sunan merasa kasihan dg santriwati itu,karena takut menyakiti perasaannya beliau menikahinya ( Jabrul Khotir ).
          Dari pernikahan kanjeng sunan Bonang yg kedua beliau di anugerahkan Alloh dua orang anak,yg pertama beliau beri nama Husein ( yg terkenal dg sebutan sayyid Husein Batu sangkah,makam beliau ada di Bangkalan Madura ),anak beliau yg kedua adalah seorang putri yg terkenal dg putri palembang,karena di sunting seorang pangeran dari Palembang.Kemudian sayyid Husein Batu sangkah menikah dg seorang putri kerajaan cirebon,keturunan kanjeng sunan gunung djati,dan hnya mempunyai 1 orang putra yaitu sayyid Abdur Rohman,yg makamnya ada di desa Bireh Timur kecamatan Sokobanah kabupaten Sampang Madura Jawa Timur.Sayyid AbdurRohman mempunyai 9 anak,4 orang putra dan 5 putri :
1.Sayyid Abdul Mannan ( Bujuk Kosambih makamnya ada di dusun Todungih Batu ampar barat pamekasan  Madura,makamnya ada di atas bukit di jalan menuju pesarean batu ampar )
2.Sayyid Hamzah ( dusun Nang kerennang karang gejem kecamatan Omben Sampang Madura )
3.Sayyid Ali Rustam ( Bujuk Nyamplong Nagesareh )
Sayyid Abdul Mannan mempunyai 4 orang anak :
1.Sayyid Abdur Rohman ( bujuk Muranah pengarengan sampang )
2.Sayyid Abdul Faqih ( pesarean Batu ampar Madura )
3.Sayyid Abdul Manaf Basaniyah ( pesarean Batu ampar )
4.Nyai Todungih
Sayyid Hamzah berputra 3 :
1.Sayyid Hafi/kiyai Arsyini ( sorogan Tambaan Camplong sampang )
2.Sayyid Abdul Ghoni
3.Syarifah Nasiyah
         Putra putri dan cucu Sayyid Abdur Rohman bireh sokobenah sampang yg lain,belum kami temukan catatannya dalam catatan keluarga kami,karena banyak yg hilang,mohon apabila ada pihak keluarga keturunan kiyai2 yg kami sebutkan diatas bisa melengkapi catatan kami.
Sementara Sayyid Basaniyah Batu ampar  Madura mempunyai putra yg sangat familiar bagi peziarah pesare
an batu ampar,beliau adalah Sayyid Su'adi yg lebih terkenal dg sebutan Bujuk Abu Syamsuddin,Beliau di beri julukan Abu Syamsuddin karena putra pertama beliau bernama Sayyid Syamsuddin yg berhijrah untuk berdakwah dan 'Uzlah di dusun BERRUK sebelah utara pesarean Batu Ampar,biasanya para peziarah sebelum berbelok kekiri di pintu gerbang menuju pesarean batu ampar,apabila lurus sekitar 200M disitu ada dusun Berruk,masuk gang kecil sebelah kiri jalan.
         Sayyid Syamsuddin mulai berdakwah dan 'uzlah di dusun Berruk pada hari senin 12 Robi'ul awwal 1182 H,bertepatan dengan 11 Juli 1761M.Berruk adalah adalah sebuah tempat yg sangat terpencil dan sangat angker,beliau mulai membangun rumah,sampai hari ini rumah  itu masih terawat dg baik,pada suatu saat menginginkan sebuah Musholla dan sumur untuk bersesuci,karena di daerah itu sangat sulit air,dengan kuasa Alloh pada hari berikutnya ada Langger Tantoh ( Musholla yg datang sendiri tanpa di ketahui asal muasalnya ) dan sumur tantoh ( yg tiba tiba ada dan tersedia seperti ada yg membangunnya ),keduanya sampai saat ini masih ada dan terjaga dg baik.Bahkan Musholla tersebut pernah di tempati beberapa Ulama dunia yg sedang membahas masalah umat Islam dan dakwah.Peninggalan wali Alloh yg harus tetap kita jaga sebagai bukti ilmiyah sejarah anak cucu wali songo agar umat mengerti dan mentauladani perjuangan beliau.
           Sayyid Syamsuddin sangat terkenal kedalaman ilmu pengetahuan agamanya,alkisah hanya beliau cucu wali batu ampar yg menimba ilmu sampai di tanah mekah almukarroh sekitar tahun 1750M,beliau banyak berguru pada ulama2 hijaz yg masyhur pada masanya,sebagian peninggalan kitab2 beliau masih tersimpan dg baik di anak cucunya.tapi karena seorang sufi yg khumul ( tidak mau terkenal/masyhur ) beberapa karangan kitab beliau tidak ditemukan lagi,apalagi pada masa masa itu banyak kitab2 wali nusantara yg di bakar oleh Belanda,bahkan mereka di cari dan dibantai,makanya kita banyak menyaksikan para ulama yg lebih memakai nama julukan daripada nama aslinya,karena apabila ada nama yg berbau arab mereka akan membunuhnya,mungkin karena mereka trauma dg pemerintahan Islam yg menguasai dunia pada masa itu.
          Sayyid Syamsuddin juga sangat masyhur kewaliannya,bahkan derajat kewalian beliau dan kealimannya lebih tinggi dari ayahanda beliau sayyid Su'adi Abu Syamsuddin bujuk Latthong.Beliau mengajar santri-santri beliau di surau tantoh,banyak murid murid beliau yg sukses menjadi ulama besar,bahkan sampai berkembang anak cucu mereka mendirikan pesantren2 besar.diantara santri beliau adalah kiyai Itsbat,yg merupakan pendiri pesantren Bata2 dan Banyu Anyar Pamekasan Madura,sampai berkembang ke pesantren Tempurejo Jember Jawa Timur,pesantren Bulu Gedding Jember,pesantren Bettet pamekasan,pesantren Banyu putih Lumajang jatim dan beberapa pesantren lain di Nusantara.
           Sayyid Syamsuddin mengikuti beberapa aliran thariqot sufi,diantaranya thariqot Naqsyabandiyah,Qodiriyah,Syadziliyah,dan Syattariyah ......
  WALLOHU A'LAM BISSHOWAB...

41 komentar:

  1. sklankong informasinah'. mun bisah tambaeh pole

    BalasHapus
  2. APAKAH KETURUNAN WALI BATU AMPAR ADA YANG MENDAPAT JULUKAN BUJUK JAMUNG?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga keturunan Bujuk Jamung, sampeyan keturunan dari jalur mana mas? Saya juga sedang cari silsilah.

      Hapus
  3. saya punya kitab sekitar tahun 1600an yang tertulis didalamnya nama bindere abdul fakkar ditulis di gunung kombang sokobenah. kitab tersebut ada 2 masih terawat bagus. barangkali ada sambungan sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu Alaikum Warohmatulloh...
      Bapak2 & Saudara2 semuanya...khudusnya yg punya blog ini dan Bpk Su Cipto yg kami hormati semuanya. Bolehlah kita ta'aruf via darat atau Email atau sosmed lainnya. Mohon kita bisa saling kirim ke email saya ini: hamidmudjibhamid@gmail.com

      Lalu setelah via email kita bisa saling komunikasi via telpon atau WA dll hingga ketemu di darat yg nomot HPnya kita kirim di email kita masing2. Terima kasih. Semoga selalu terjalin silaturrohim dan dlm ridlo Alloh, Aamiin.

      Kami tunggu emailnya di email saya ini:hamidmudjibhamid@gmail.com

      Terima Kasih.
      Wassalamu alaikum warohmatulloh

      Hapus
  4. ada yang tau nggak, keturunan Sayyid Abdur Rohman (bujuk muronah) yang di pangarengan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bujuk muronah yg asta nya di sebelah masjid jamik pangarengan itu ya..??

      Hapus
    2. Bujuk muronah apah sudah valid kyai beliau adalah putra bujuk kosambih atau cucu bujuk kosambih....

      Hapus
    3. Karena katanya akhir2 ini ada berita yg mengatakan bujuk muranah adalah cucu....muhon infonya kyai

      Hapus
    4. Klo kebawahnya sy tau:ada yg bernama KH Abdun nabi mempunyai
      KH masajid (Sumenep)KH ach choyaki (kajuk sampang) nyai Zahrah (Pangarengan)nyai St Rahma(masjid Jamik Pangarengan) nyai hasbuna ( masjid Al Ihsan jl Agus Salim Sampang) nyai St Ammon JD istrinya KH AZHARI yg mrpkn keturunan dari Sayyid Hamzah Nang kernang yaitu Sayyid hafi ( masjid sorogan tambaan camplong Sampang).

      Hapus
    5. untuk buku nya saya ada di rumah kebetulan saya juga keturunan Bujuk muronah itu yang ada di pengarengan

      Hapus
  5. Ada kisah di pasuruan bhw Saudara Bujuk Abu Syamsuddin itu adalah Syihabuddin (Mbah Ontho'/ pembuat Keris Winongan) yg makamnya di Serambi winongan Pasuruan dan Sirojuddin yg makamnya ada di semut Purwosari Pasuruan. Barangkali kisah ini nyambung dg cerita di blog ini. Infonya bhw Syihabuddin dan Sirojuddin tsbt berasal dari Batu Ampar Madura. Kedua makam 2 waliyulloh ini hingga kini terawat dan banyak diziyarohi masyarakat. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum tak langkong didaerah saya ada namanya bujuk oros menurut masyarakat sekitar beliau adalah darah madura dan yg katanya masih keturunan buyut Agung gunung peraoh omben.mohon kejelasannya mas,

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Sekedar koreksi sebetulnya nama Banyusangka yang benar... Bukan Batu Sangkah... Mas Brooo... Mator Sakalangkong... Saporana se Agung... 👍☝👋

    BalasHapus
  9. Buat admin minta no WA NYA atau ini no WA SAYA

    BalasHapus
  10. Mau tanya bang... katanya sayyid husein itu ibunya assegaf... bisa dilacak kg info ini??

    BalasHapus
  11. Masak bujuk kosampih di bilang anak bujuk abdurrohman.

    Padahal bujuk kosampih itu putra asli dari sayyid husain lo.
    Saudara bujuk kosampih bernama andurrohim yg di kenal dengan bujuk bire

    BalasHapus
  12. buju' muronah itu bukan putranya buju' kosambih tapi cucunya dari putranya yg bernama taqiyyul muqoddam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Yahya apakah sampean tahu siapa saja putra putri bujuk taqiyyul Muqoddam trims

      Hapus
  13. Adakah yg tau anak2 dari bujuk taqiyyul Muqoddam TRIms

    BalasHapus
  14. Adakah yg tau keturunan bujuk nyamplong yg menurut cerita beli adalau salah 1 putra dari Sayyid Abdurrohman.

    Mohon info karna selama ini saya tak menemukan jejak cerita selama hidup beliau.

    Menurut cerita, kami adalah keturunan Sayyid Ali Rustam (Bujuk nyamplong) generasi ke 6.
    Apabila ada yg memiliki jejak semasa beliau hidup bisa menghubungi via WA k nmor ini 085230088873
    Terima kasih

    BalasHapus
  15. Ada yg tau anaknya bujuk todungih ndk ya..
    Info yg sy dpt di sikeb forum persatuan ma'rifat tertulis pnya 9 anak..
    Salah 1 nya ada yg pergi ke pontianak..
    Mohon infonya ke 082351670499

    BalasHapus
  16. Assalmualaikum. Mau tnya. Untuk putra dari sayyid ali rustam tu cp sj?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pean masih keturunannya ta mas broo

      Hapus
    2. konji binti kh jemirun bin kh jagad bin bhuju nyamplong nage sareh bin sayid Abdurrahman bire’ bin sayid husen

      Hapus
  17. Menurut cerita orang tua saya keturunan bujuk nyamplung yg ke 7. Silsilah di Mbah ada, tapi saya blm sempat lihat. Tapi keturunan bujuk nyamplung banyak di daerah Jember

    BalasHapus
  18. apa ada yang ahli sejarah nih. mohon bantuannya
    Bani Dawud

    BalasHapus
  19. Apa benar diantara putra Syeh Samsuddin bujuk beruk ada yg bernama sahraji/Abd mukti alias Bujuk Toroi kemudian bujuk Toroi memiliki Putra Bernama Moh. Amin murpote/sumur putih pamekasan...mohon penjelasannya, barangkali ada saudara yg mengetahui,

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr wb
    Yg ahli silsilah silahkan dtang lgsung ke kediaman kh khabar kediaman bluk uren krang penang sampang

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum we wb
    Maaf sebelumnya manakah yang benar apakah banyusangkah ato batusangkah
    Terima kasih masih pegen menelusuri sejarah beliau

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum di sini ada turunannya syekh ali rustam

    BalasHapus
    Balasan
    1. konji binti kh jemirun bin kh jagad bin bhuju nyamplong bin sayid abddurrohman bire' sayid Husein

      Hapus
  23. Assalamualaikum di sini ada turunanya syekh ali rustam.tolong wa sya 081334825043

    BalasHapus
  24. Menurut cerita alm.ayah saya .yg bernama moh.sareh rum.beliau adalah keturunan ke5 karena bujuk nyamplong ayah dari ayah alm.ayah saya.sedangkan ayah dari alm.ayah saya bernama.alm.moh.sareu bangun

    BalasHapus
  25. Mohon maaf bisa kirim catatan silsilah dari sayyid aly rustam yang di pasuruan?
    085259118093

    BalasHapus
  26. Tolong ceritakan anak keturunan Ali rustam
    Karena saya nama Syamsuddin dari kalbar.bernasab dari ibu.
    Syamsuddin bin sumaryatun binti Muhammad room bin Sri bangun bin Ali Wafa bin Ali rustam (pujuk nyamplung).

    BalasHapus